Thursday, August 9, 2012

SAKIT MAAG........BOLEHKAH PUASA???

Salam GIZI Nasional............................

SAKIT MAAG........BOLEHKAH PUASA???

Banyak orang beranggapan bahwa sakit maag disebabkan karena makan tidak teratur atau makan makanan yang banyak/terlalu asam. Sebenarnya Allah SWT telah menciptakan lambung manusia tahan terhadap asam, bahkan minum cukapun tidak apa-apa. Pencernaan protein di lambung juga harus asam, oleh karena itu lambung memproduksi asam lambung. Lalu mengapa ada sakit maag?
Lambung luka dan sakit dapat disebabkan karena :
1). ada infeksi atau keganasan (kanker)
...
2). kemasukan benda tajam, misalnya menelan paku
3). iritasi oleh makanan/minuman/sesuatu yang bersifat "basa" (senyawa alkali)
Yang paling banyak kelihatannya karena iritasi senyawa "basa". Lalu dari mana senyawa "basa" itu?
Jika lambung bersuasana "asam", suasana di usus halus berbeda sekali yaitu bersuasana "basa". Bubur/cairan makanan dari usus halus kalau masuk ke lambung dapat mengiritasi (melukai) dinding lambung bagian dalam yang jika terkena makanan dapat terasa sakit.
Bagaimana bubur/cairan dari usus halus dapat masuk ke lambung?
Orang yang sedang sedih, kecewa, marah, dan keadaan emosi lainnya dapat menyebabkan rasa mual kemudian muntah, bukan dari lambung ke luar tetapi dari usus halus ke lambung......jadi jawabannya adalah STRESS.
Apakah orang sakit maag boleh berpuasa??? jawabannya BOLEEEHHHH, tetapi lihat kondisi sakitnya, kalau sedang "akut" ya disembuhkan dulu.
Pada waktu berpuasa orang berusaha atau "terpaksa" mengendalikan emosi karena stress dapat membatalkan puasa. Nah, hal ini justru baik bagi orang yang menderita sakit maag.
Hindari makanan yang terlalu manis karena bersifat "basa"

No comments:

Post a Comment

Total Pageviews